Beberapa waktu yang lalu, saya sempat menyinggung penggunaan Gliffy sebagai alternatif dari Viso. Di salah satu bagian dari posting, saya menjelaskan tentang “free user” dari Gliffy ini yang mendapat jatah maksimum sebanyak 5 buah dokumen yang bisa disimpan.

Akun gratis dari Gliffy ini adalah akun berbasis kepada email, sehingga jika kita memiliki email lebih dari satu, boleh didaftarkan untuk mendapatkan akses gratis tadi. Hanya saja, masalahnya terlalu banyak email biasanya akan membuat kita jadi pusing.

Dengan gmail, masalah di atas dapat diatasi dengan cara yang mudah. Tips gmail berikut mungkin bisa dipakai, bukan tips baru sih, tapi siapa tahu di antara pembaca blog ini ada yang belum tahu.

Cara “mengakali”nya adalah sebagai berikut:

Misal email anda adalah abcdef@gmail.com, jika anda sudah mendaftarkan email ini ke Gliffy, dia akan menolak tentu saja ketika anda mendaftarkan ke sana dengan email ini.

Akan tetapi, Gliffy tidak akan menolak jika anda mendaftar dengan alamat semisal:

  • abcdef+a@gmail.com atau
  • abcdef+b@gmail.com …dst …

Setelah itu, coba lihat akun gmail anda, voila, ternyata email registrasi masuk ke inbox gmail kita. Jadi cukup dengan menambah “+” diikuti sembarang kata, gmail masih akan menganggap sebagai akun yang sama.

Dengan menggunakan trik ini, tidak hanya di Gliffy saja, tapi di banyak website, kita dapat register lebih dari satu kali, tanpa harus dipusingkan dengan kepemilikan lebih dari satu email demi menghindari alamat email yang tidak boleh sama.

Semoga bermanfaat !
😉