Bila blog anda (kembali) dibajak blogger pemula?

a. Dimaafkan
b. Dinasehati melalui email
c. Dibiarkan saja, cuek bebek mau dicopy ya monggo-monggo saja
d. Diperangi dengan mengumpulkan seluruh “bala kurawa” untuk komentar “pedas” di blog dia
e. …… (alasan lain silakan diisi sendiri)

???

Pada akhirnya saya bisa memaklumi, maka saya biarkan saja lah, toh mereka memang sedang berlatih dan belajar ngeblog. Harap maklum, sebagai seorang pemula, kadang masih bingung hendak melangkah ke mana.

Saya sendiri pun, dahulu mengawali “karir” blog ini dengan copy-paste, YA, benar sekali sodara-sodara, saya dulu mengawali karir blog dengan salah satu artikel copy paste di posting yang ke-tujuh, meski tentu saja, saya masih punya norma, paling tidak mencantumkan sumbernya (walau bukan berupa linkback ke website aslinya). Yang menarik, justru dari tulisan copy-paste itulah, kadang orang sering kesasar ke blog saya ini, bahkan dalam setiap pekannya selalu saja ada yang kesasar gara-gara keyword yang mereka pakai cocok dengan tulisan saya.

image Tak percaya? Coba search dengan Google (yang Indonesia atau mana saja juga boleh deh), dengan keyword “manfaat pepaya” … tuing-tuing … ternyata nangkring di nomer satu. Bahkan di Google Indonesia (http://www.google.co.id), kalau anda ngetik kata “pepaya” saja, juga dapat halaman satu (setidaknya di nomer dua gitu …).

Nah, hari ini ada satu website lagi yang sedang mengawali karirnya dengan copy-paste, ya tentu saja seperti permasalahan-permasalahan yang kemarin, sang penulis langsung copy semua tulisan yang saya muat di sana, kemudian dengan “semena-mena” mempaste tulisan tadi di Blognya. Tanpa sengaja, di tulisan tadi ada tautan yang masuk ke blog saya. Kena deh !! Kalau Matta bilang (gara-gara pak Syuhud yang kuliah di RSIS NTU yang bikin saya jadi tahu, group band matta itu apa, kirain temennya ustadz Anis Matta..he..he.. ) : “Ow..ow… kamu ketahuan, copy paste lagi, blognya orang lain !!

Makanya, pada akhirnya kembali saya memaklumi, bahwa semua ada permulaannya, meski pada akhirnya harus mengcopy-paste milik orang lain, tanpa izin tentunya. Meski demikian, ke depan, sang penulis juga harus diberikan pemahaman dan pengertian, untuk tidak sekedar mengcopy tulisan orang lain, apalagi sampai mengaku-aku sebagai miliknya.

Jangan sampai ada kasus penutupan sebuah blog lagi (sila cari di internet, blog pemula yang akhirnya ditutup gara-gara ketahuan copy-paste), gara-gara seorang newbie yang masih “hijau” dalam ranah blog ini melakukan copy-paste suatu tulisan.

Kecuali untuk blog yang satu ini, yang dengan sengaja seluruh isinya merupakan copy-paste demi mengejar tugas kuliah bahkan menyalahkan orang yang menyalahkan dia karena copy paste …. (kalau ini memang harus didatangkan seluruh “bala kurawa” untuk “memberikan pelajaran” ke dia …he…he..).

Blog pemula itu ada di sini, dan ini adalah tulisan saya yang kena copy-paste.