detik-tautan Layaknya dunia blog yang biasanya dalam postingannya memiliki tautan-tautan (permalink), untuk memberikan informasi kepada pembaca, darimana si penulis melakukan referensi tulisan, maka detik [dot] com pun kini melakukan hal yang sama.

Seolah tidak mau kalah saingan, karena pangsa pasarnya barangkali mulai digeser oleh situs alternatif ala blog, maka tautan-tautan pun mulai disematkan dalam beberapa berita detik. Seperti yang nampak di gambar di atas, beberapa kata mulai diberikan tautan permanen oleh detik, agar pembaca dapat langsung merefer ke tulisan tersebut.

Tinggal selangkah lagi, barangkali detik perlu memuat sindikasi (RSS) ke websitenya, jalan menuju news blog akan semakin terbuka. Sehingga tidak ada lagi sindikasi ilegal dari detik.com yang saat ini banyak beredar di internet.

Masalah iklan? Jangan khawatir, selama ini saya berlangganan beberapa sindikasi dari website-website IT ternama seperti computerwold dan kawan-kawannya, dalam sindikasinya pun ada iklan-nya. Pengiklan masih dapat beriklan di detik dengan tenang, tanpa khawatir tidak ada lagi yang membuka iklan mereka. Toh saya yakin, pelanggan RSS seperti saya jumlahnya tidak sebanyak ketimbang pembaca normal yang harus menuju ke website detik tadi. RSSnya pun juga bisa dibuat hanya memuat excerpt (bagian kecil) dari posting berita detik, kalau mau membaca lebih detail tinggal bawa ke websitenya langsung.

Jadi, buat detik [dot] com, tunggu apa lagi? Nampaknya wordpress cukup bisa memfasilitasi kok … he..he..😉

UPDATE:
Tadi pas saya nulis, lupa belum buka RSS di computrworld, ternyata gak ada, adanya dari RSS yang lain. Bagi yang ingin tahu Advertisement di RSS, bisa telusuri link di sini.