Waduh, rasanya dah lama sekali tulisan saya tidak dibajak orang. Dan ternyata kali ini ada satu lagi tulisan saya yang dibajak. Hebatnya lagi, yang dibajak adalah tulisan saya (yang ditulis dengan penuh emosi saat itu) yang bercerita tentang pembajakan, yakni tulisan yang berjudul, "Cara aman membajak tulisan" !! Ada dua blog lagi yang mentah-mentah mengcopy paste tulisan saya.

Tulisan asli saya yang dibajak bisa diakses di sini.
Tulisan itu merupakan curhat saya karena beberapa tulisan saya yang dengan semena-mena dibajak orang lain.

Alhamdulillah, blog saya ini bukanlah blog seleb, sehingga sampai dengan saat ini kelihatannya tulisan bajakannya juga masih belum teridentifikasi oleh khalayak umum.

Untuk pembajak pertama, nampaknya blog milik dia ini memang blog spesialis copy paste blog lain, yang sungguh disayangkan dia tidak pernah memuat permalink sumber tulisan yang dia buat. Padahal dia memuat disclaimer, bahwa yang copy paste dari dia hendaknya mengucapkan terima kasih kepada dia (bukan berarti saya juga menuntut dia berterima kasih, tapi cukup menginformasikan ke saya atau rekan yang lain dengan memuat permalink/URL tulisan saya, paling tidak saya tahu bahwa ada yang mengutip tulisan saya).

Blognya bisa diakses di sini.
Tulisan saya yang dibajak bisa diakses di sini.

Untuk pembajak kedua, sebagai blogger pemula (paling tidak catatan awal dia memulai blog baru bulan September 2007 yang lalu), mungkin dia masih belum tahu caranya ngeblog. Sehingga asal copy paste tulisan orang dalam rangka mengentri blognya yang masih kosong. Sebagai pemula, mungkin masih bingung, blog yang baru saja dibuat hendak diisi apa, sampailah dia ke blog saya, dan terjadilah apa yang sudah terjadi, pembajakan dimulai kembali.

Blognya bisa diakses di sini.
Tulisan saya yang dibajak bisa diakses di sini.

Hanya sayangnya keduanya tidak mengikuti saran membajak yang baik seperti yang tertulis di tulisan saya, makanya saya malah bisa tahu bahwa tulisan saya sedang dibajak habis😉. Lain kali kalau mau copy paste, mustinya tahu lah apa yang sedang dicopy paste tadi.

Setidaknya saya jadi tahu, bahwa para pembajak akan mendapatkan kenaikan trafik, karena biasanya yang dibajak malah akan selalu mereferkan pengunjung untuk mengunjungi blog pembajak mereka. Mungkin saja anda setelah ini akan mengunjungi website pembajak saya. Iya kan?😀