Gak tahu mau bicara apa lagi, tapi PANDI memang bener-bener bikin sebel jilid dua. Pada akhir bulan September kemarin saya memperpanjang dua buah domain:

  1. informatika.web.id
  2. tarbiyah.or.id

Sesaat setelah saya mengirimkan uang via Internet banking, saya mengirimkan email konfirmasi ke PANDI yang isinya bahwa saya telah memperpanjang dua buah domain.

emailpembayaran
Butuh waktu sekian hari (saya lupa, tapi sepertinya sekitar satu pekan, yang jelas lebih dari 4 hari) sebelum akhirnya PANDI memperpanjang domain saya, tapi anehnya di domain management saya, hanya satu domain saja, yakni informatika.web.id yang diperpanjang, sementara domain saya yang satu lagi, yakni tarbiyah.or.id tidak diperpanjang, dengan status Pending Renew. Alamak, saya konfirmasi untuk dua domain dan sudah dilengkapi attachment pembayaran dari Internet Banking, yang diperpanjang cuma satu saja. Lha satunya lagi nasibnya gimana ?

konfirm pandi

Udah gitu, tidak ada konfirmasi dari pembayaran@pandi.or.id bahwa domain telah sukses diperpanjang gitu. Seingat saya waktu saya perpanjangan domain cisco.or.id (yang sempat bikin heboh pengelola PANDI, karena register.net.id tidak bisa diakses dari Singapura), saya dapat email konfirmasi dari bagian Finance PANDI (DAHLI FIATRY) yang menyatakan bahwa domain saya telah diperpanjang. Tapi yang kali ini, gak ada konfirmasi sama sekali, saya baru tahu kalau salah satu dari dua domain saya yang saya perpanjang sudah diregister ketika saya iseng-iseng ngecek pengelolaan domain di websitenya, blas gak ada konfirmasi barang satu email pun.

Untuk itu, aku harus merasa sebel (jilid dua) lagi kepada PANDI. Gimana dong servisnya, gak bisa dong nanti tiba-tiba domainku dimatiin sementara saya sudah bayar.