Biasanya kalau di Indonesia, kalau kirim SMS buat nulis asma Alloh SWT ditulisnya dengan 4JJI. Beberapa waktu terakhir ini ada berita yang konon katanya sangat menghebohkan, yang menganggap 4JJI artinya FOR JUDAS, JESUS, ISA AL MASIH. Tulisan ini diforward di Forum, Yahoo! Messenger, atau mungkin milis (yg ini aku belum dapat sih, tapi biasanya ginian cepet banget nyebar di milis), atau mungkin di personal blog.

10 x 10 …. cape’ deh … setahuku di agama kristiani Judas (Judas Iskariot) juga dianggap sebagai pengkhianat, dan Isa Al Masih adalah penyebutan Yesus dalam Agama Islam. Aduh-duh, dari dulu bikin tulisan 4JJI ya cuma karena nggak ada karakter (Alloh / Alloh) di dalam Handphone-handphone kita, dan ini gak ada hubungannya sama "terjemahan ngawur" di atas.

Ada-ada saja deh orang-orang nih, apa mereka gak punya kerjaan, apalagi disebarinnya pas Ramadhan lagi, malah bikin musuhan aja. Lagian penerjemahan 4JJI dengan terjemahan itu jadi janggal, apa hubungannya Jesus / Isa Al Masih dengan Judas? Baik dalam Islam ataupun Kristen sama-sama disebut sebagai pengkhianat🙂

Kritis dikit napa gitu, jangan langsung asal forward, traceback kembali sumber beritanya. Jangan malah ikutan jadi penyebar kebohongan.

Catt:
Jika ada yang bisa memberi tahu saya sanad (jalur periwayatan) yang sahih tentang kabar ini, silakan diberitahu ke saya. Saya kok yakin sebagian besar juga cuma forwardan aja, tanpa tahu sumber kebenaran yang otentik. Selama tidak ada sumber yang sahih, saya masih menganggap kepanjangan di atas adalah HOAX.