Mak jenthit ndololobah
Wong mati ra iso obah
Yen obah medeni bocah

Yang namanya orang mati itu ya the end, tamat, khatam, rampung, selesai. Ndak ada ceritanya orang mati kok bisa bicara lagi, ndak ada ceritanya orang mati kok orang mati bisa ngasih nasehat lagi.

Sebagian orang kadang menjadi gila, dengan mencari wangsit ke kuburan orang yang sudah mati, entah minta nomer togel/lotere, minta dicarikan jodoh, sampai minta restu buat ndaftar jadi Presiden lagi.

Sudah tahu, kalau orang mati itu sudah nggak bisa ngapa-ngapain lagi, ngapain juga minta-minta ke orang yang sudah mati. Lha kalau bisa ngapa-ngapain, seperti lanjutan sanepa di atas, yen urip goleko dhuwit. Kalau sudah mati ya wassalam, kecuali 3 perkara yakni anak shalih, amal jariyah, dan ilmu yang bermanfaat.

Nalar sebagian orang memang sudah pada nggak jalan, berandai-andai menang lotere, berandai-andai dapet jodoh yang cakep, dan berandai-andai menjadi Presiden kembali. Yang lebih gila lagi orang-orang yang ikut-ikut orang yang nalarnya nggak jalan tadi, dan mengamini setiap langkahnya.

Sek to le, ibumu ki lagi golek wangsit, ojo dho ribut sek
Mengko nek wangsite wis metu, sing melu seneng rak yo kowe
Kowe kabeh bakalan tak dadekke batur asistenku

Sabar to anak-anak, ibumu ini baru cari wangsit, jangan pada ribut dulu
Nanti kalau wangsitnya dah keluar, yang ikut senang kan juga kalian semua
Kalian semua bakal kujadikan asistenku

Duh Gusti, apa iya nasib bangsa ini ditentukan oleh wangsit yang tidak jelas tadi, yang boleh jadi malah syaithon yang terlaknat itu malah yang kasih wangsit. Salah satu usaha tipu dayanya ya pura-pura jadi orang mati tadi, dan kemudian ngasih wangsit-wangsit aneh bin ajaib. Para doktor dan PhD di belakangnya apa sudah kehilangan rasional mereka? Apa mereka sudah ikutan gila juga?

Dasar wangsit ! Walang sangit po !😀