Saya bukanlah penggemar produksi “Jendela” untuk urusan browser dan posting blog. Selama ini sudah cukup nyaman dengan salah satu plugin si “Rubah Api” yang namanya ScribeFire. Dengan ScribeFire, saya ndak perlu lagi login ke blog saya yang tercintah ini, tapi sudah integrated dengan sang browser.

But, anyway, tak mengapa lah, kita coba gunakan alternatif lain untuk posting menggunakan Windows Live Writer yang bisa diunduh di sini. Ukurannya softwarenta tidak terlalu besar, sekitar 5536 KByte. Tampilan software ini cukup sederhana, hanya saja karena dia produksinya Microsoft, tentu saja dia lebih familiar dengan para pengguna produk Microsoft seperti Microsoft Office, lengkap dengan check speller nya, yg tentu saja tidak dimiliki oleh ScribeFire (ScribeFire bisa juga diberi check speller, tinggal install Add-On Firefox untuk English language atau bahasa yang lain).

livewriter Untuk urusan upload gambar, seperti terlihat di samping, Live Writer lebih mudah digunakan untuk upload, kemudian adjustment setting alignment dari gambar , mengatur text wrap apakah inline, left, maupun right, kemudian dia juga dapat mengatur border dan jenis frame yang melatari gambar yang kita upload. Dan secara otomatis Live Writer akan meresize ukuran picture ini. Hal ini yang tidak dimiliki oleh Scribe Fire.

Kemudian, LiveWriter juga dapat melakukan adjustment CSS kita agar sesuai dengan theme yang saat ini kita pakai. Jadi apa yang kita lihat di layar, memang sesuai dengan apa yang akan terupload nanti di Blog kita. Setting ini dilakukan saat dia mengkonfigurasi alamat URL dari blog kita. Hal ini sangat memudahkan, terutama ketika kita menyisipkan gambar. Karena editor di ScribeFire belum bisa melakukan hal yang seperti ini.

Secara umum, fungsi-fungsinya sudah cukup bagus, karena kita pun juga dapat memilih dan menambahkan kategori dan Technorati Tags dengan mudah di Live Writer ini.

Jika anda selaku blogger lebih sering menulis dengan plain text saja, dan jarang mengunggah gambar dan mengatur layoutnya, saya kira ScribeFire sudah cukup, karena dia terintegrasi dengan baik dengan Firefox. Tapi kalau misal butuh melayout tampilan blog dan anda tidak tahu kode-kode HTML, tak ada salahnya menggunakan Windows Live Writer (Ini juga kalau anda pake Windows … tentu saja tidak berlaku bagi para Linux-er🙂 )

Technorati Tags: