Punya sistem Windows yang lama, pingin diformat ulang, tapi pingin berjaga-jaga? Tidak saja data, tapi juga sistemnya? Impor saja PC kita ke VMWare.

VMware memang selalu menarik untuk dibahas. Kali ini kita membahas bagaimana mengimpor PC kita menjadi image VMware, sehingga PC kita pun bisa dijalanin secara virtual.

Bukanlah hal yang sulit untuk membuat Image PC kita, cukup download VMware converter yang berukuran 25.6 MB di sini. Sayangnya baru bisa untuk mengkonversi mesin Windows saja, mesin yang linux setahuku belum bisa dikonversi menjadi image dari VMware. Setelah diinstall tinggal buka saja softwarenya. Pilih menu Import Machine, kemudian sebuah wizard akan muncul dan memandu kita melakukan prosesnya.

As usual, karena ada di bawah windows, pilihannya ya otomatis Next-Next

Kita pilih yang Physical computer, jika kita pingin Impor dari Virtual Machine lain seperti Microsoft Virtual PC, dll kita dapat memilih yang ketiga. Atau jika anda punya duit banyak buat beli ESX Server, bisa lah pake image mereka. (catt: dengan ESX server, semua sistem operasi akan berjalan di atas dia, berbeda dengan VMware Server/Workstation/Player, yang kesemuanya berjalan di atas OS host seperti Windows dan Linux).

Jika ingin image VMwarenya nanti bootable, tentu saja partisi aktif (dan system) harus dipilih juga untuk diambil imagenya.

Jika mesin yang kita ambil imagenya ini hendak dikirim ke VMware ESX tentu pilih yang atas, kalau saya sih karena punyanya cuma yang versi gratisan, pilih yang bawah saja.

Silakan tentukan lokasi backup. Kebetulan saya pake lokasi network alias pake fileserver buat nampung file image nantinya. Kalau sudah silakan lengkapi beberapa opsi yang ada. Jika semua proses berjalan lancar, tampilan utama VMware converter akan nampak seperti di bawah.

Akan terlihat progress sudah sejauh mana proses backup PC kita ke image VMware. Kalau semua sudah 100% cimpleted, silakan jalankan PC kita di engine VMwarenya, seperti VMware Player, atau Workstation, atau yang Server.

Benar-benar menyenangkan🙂