Ada banyak pilihan ketika kita hendak membackup PC kita, ada yang bersifat komersial, ada pula yang berbasis open source. Untuk yang berbasis komersial, pilihannya cukup banyak, ada yang menggunakan Veritas, Brightstor (ArcServe), ataupun Acronis. Yang berbasis open source pun juga banyak, nah kali ini yang saya bahas adalah BackupPC yang saya install di Ubuntu Feisty saya.

BackupPC ini sangat bermanfaat bagi sistem backup untuk komputer-komputer yang terhubung dalam LAN. Tidak perlu install software di sisi client, cukup setting beberapa hal di client, kemudian segala sesuatunya disetup di server, maka proses backup bisa kita lakukan dengan mudah, dan yang paling penting dari sistem backup adalah penjadwalan. Nah BackupPC memberikan semua solusi ini.

Berikut cara install di Ubuntu Feisty saya, pastikan sudah login sebagai root dengan mengetik sudo su

root@backuppc:~#apt-get update
root@backuppc:~#apt-get install backuppc
.
. ada beberapa tampilan muncul di sini
.

Kita ganti password default dari backuppc dengan perintah di bawah ini:

root@backuppc:~#htpasswd /etc/backuppc/htpasswd backuppc

Edit /etc/apt/sources.list untuk menambahkan beberapa paket yang dibutuhkan dari gutsy repository. Karena saya di Singapura, maka saya tambahkan line di bawah ini:

deb http://sg.archive.ubuntu.com/ubuntu/ gutsy main restricted

Jalankan kembali perintah seperti di bawah ini untuk mengupgrade paket backuppc

root@backuppc:~#apt-get update
root@backuppc:~#apt-get install backuppc

BackupPC telah terinstall dengan baik. Sekarang kita dapat mengakses server ini dengan memanggilnya melalui browser Firefox kita, http://alamat-ip-kita/backuppc. Masukkan username backuppc dan password yang telah kita set sebelumnya.

Langkah penting berikutnya adalah menshare folder Windows yang hendak kita backup, jika kita hendak membackup data di Windows (karena toh sebagian besar client sampai saat ini masih pakai Windows). Berikan nama yang diakhiri tanda $, untuk menyembunyikan shared folder ini dari pengguna biasa. Misal php$.


Masukkan di Menu Edit Hosts, nama komputer yang hendak kita backup (nama ini bisa dilihat di My Computer – (right click) Properties – Computer Name tab.

Langkah selanjutnya adalah menambahkan konfigurasi per PC yang kita backup. Di menu sebelah kiri atas, pilih hosts yang hendak kita edit.

Berikan folder yang hendak kita backup, sekaligus username dan password untuk mengaksesnya. Setelah kita save, kita bisa memilih link nama_PC_AndaHome dan kemudian klik Full backup untuk melakukan backup pertama kali. Setelah proses berakhir, kita dapat mengaksesnya melalui link Browse backups.

Happy backing up your system !

Technorati Tags: , ,