Bukan apa-apa, tapi ketika merunut posting yang kubuat baru sekitar 1,5 jam yang lalu, kemudian iseng-iseng mencari dengan keyword “Kanjeng Raden Mas Tumenggung“, ternyata oleh Google, pencarian ini sudah ditemukan. (Bisa dicek di sini). Udah gitu, sama Google (Indonesia) ditaruh di nomor satu lagi …he..he… padahal kan posting itu tidak bercerita tentang silsilah keluarga ningrat … tapi tentang cerita si Om Roy.

Artinya, Google Bot (mesin crawlernya Google) sekarang bekerja lebih giat dalam rangka menelusuri hal-hal baru yang terjadi di internet. Dalam benak saya, kemungkinan Google menggunakan clustering untuk melakukan proses pengindeks-an, dan begitu terindeks langsung terduplikasi di semua server dia.

Kalau dulu butuh berjam-jam, bahkan beberapa hari sebelum terindeks, sekarang oleh Google halamanku langsung terindeks hanya satu jam-an setelah diposting di blog. Apakah ini juga dipengaruhi oleh pagerank dari Google?? Wallahu a’lam, yang jelas sudah sekian bulan, page rank-ku tetep aja di rangking 3, gak naik-naik … masih ada beberapa ujian kali sebelum lulus dan dinaikkan di kelas 4 …hue..he..

It’s getting better and better … salut deh dengan Google ..