Kerinduan suara adzan, indahnya ukhuwwah, terhubungnya persaudaraan dengan silaturrahim, adalah hal yang “mudah” didapatkan ketika kita tinggal di Indonesia. Tinggal di negri sebrang tentu akan memiliki atmosfer yang berbeda. Ada banyak hal yang boleh jadi hilang, akan tetapi tidak sedikit pula hal-hal yang baru ditemukan di sini.

Sesungguhnya setiap mu’min itu bersaudara. Persaudaraan atas dasar ikatan Islam inilah yang sesungguhnya akan mengikat setiap muslim, tidak peduli di mana dia tinggal, dengan suku apa dia berkawan, dengan bahasa apa dia berbincang.

Pun, begitu pula hidup di negri Singapura. Walaupun Indonesia memang dekat, akan tetapi tetap saja kehidupannya tidak lah sama dengan di Indonesia. Sebagai agama yang minoritas, pemerintah Singapura cukup mengakomodir dengan baik kehidupan kaum muslim di sini. Jujur saja, ketika makan makanan di sini, jaminan kehalalan lebih terjamin daripada di Indonesia sendiri. Ketika di Indonesia setiap orang boleh-boleh saja mengklaim produknya halal, tinggal kasih cap halal, maka jangan harap hal yang sama bisa dilakukan di sini. Denda cukup besar siap menanti bagi pelakunya.

Kehidupan di kampus NTU pun tentu memiliki atmosfer berbeda dengan kehidupan kampus Indonesia. Dengan jumlah muslim (dari Indonesia) yang kira-kira per tahun hanya 30an orang, tentu dibutuhkan suatu pengikat tersendiri yang akan menyambung persaudaraan di antara setiap muslim yang ada di sini.

Keluarga NTU Muslim Indonesia (KUNTUM Indonesia) sebagai suatu organisasi yang baru saja dibangun, cukup membawa angin segar dalam kehidupan muslim di NTU. Walaupun baru beberapa bulan terbentuk, akan tetapi semangat persaudaraan yang dibangun adalah luar biasa. Dengan semangat menjaga ukhuwwah Islamiyyah dan menjalin silaturahim antar sesama pelajar muslim Indonesia di NTU, KUNTUM juga berusaha membentuk pribadi muslim yang beiman dan berilmu dengan cara menyalurkan informasi serta mengadakan acara-acara keislaman kepada para anggotanya.

Insya Alloh, dengan jalinan ini, persaudaraan muslim tetap terjaga.

Berikut beberapa dokumen tentang muslim Indonesia yang ada di NTU.

Pra Deklarasi KUNTUM Indonesia


Outing Kuntum ke Changi Village


Video KUNTUM (courtesy http://www.kuntum-indonesia.org)

Outing KUNTUM di Changi Village (13 Mei 2007)

Kehidupan Muslimah NTU Singapura (bagi yang ingin mendapatkan gambaran kehidupan muslimah khususnya muslimah NTU di Singapura)

Technorati Tags: , , ,