Selama ini maenan sama VMWare, ternyata levelku masih “cupu”. Aku kira sudah cukup banyak mengeksplorasi banyak hal dari VMWare, ternyata banyak sekali kelebihan-kelebihan yang nggak pernah aku sadari. Selama cukup “sombong” dikirain sudah expert untuk urusan VMWare, eh ternyata baru nyadar, banyak sekali manfaat VMWare selain untuk nyobain OS-OS yang ada.

Belum lama ini barusan maen-maen dengan konsep Bridge Ethernet-nya VMWare. Dengan make modus Bridge, mirip dengan konsep Alias IP, kita bisa mengeset VMWare kita punya IP yang bisa diakses secara fisik oleh komputer lain di dalam jaringan. Selama ini gak gitu ngeh, jadi maennya cuman NAT (Network Address Translation), so akibatnya komputer Virtual hanya bisa diakses oleh komputerku saja, kalau pun mau diakses komputer asing, paling tidak aku harus nyediain route ke komputer virtual. Jadi semisal komputerku punya IP 10.10.1.151, dengan Bridge, komputer virtual bisa dikasih IP 10.10.1.152. Dengan demikian, semua komputer yang selama ini bisa mengakses komputer kita pun bisa mengakses komputer virtual kita.

Jadi setelah dipikir-pikir, dengan VMWare, kita bisa mengoptimalkan komputerku (yang kebetulan cukup powerful) untuk nyediain layanan-layanan biar bisa dipakai oleh pengguna yang lain. Apalagi kalau kita punya spare IP public, jadi bisa aja satu komputer kita kasih dua sistem operasi, yang satu njalanin Web Server dan satunya lagi njalanin misal Mail Server.

Ini tadi barusan nyobain FreeNAS, pingin ngetes sejauh mana kehebatannya yang bisa mensimulasikan RAID. Jadi walaupun kita nggak punya hard disk RAID di komputer fisik kita, tapi kita bisa ngeset hard disk VMWare kita biar bisa jadi RAID. Terus nyobain nggabungin FreeNAS tadi dengan Active Directorynya Windows 2003 Server.

Ke depan, pingin juga mainan RADIUS yang dikombinasikan sama Active Directory, buat authentikasi pengguna Wireless dengan Login Domain nya Windows 2003.

Jadi pingin semakin mengeksplorasi lagi nih ;))

Credit to:

1. http://www.easyvmx.com : ini bisa pengganti VMWare Workstation, jadi gak perlu instal versi “bajakan” buat maenan VMWare, biar lebih halal dan thoyyib
2. http://www.vmware.com/products/player/ : download Playernya VMWare yang free, bisa buat mainan sepuasnya
3. http://www.vmware.com/vmtn/appliances/ : download juga appliances-nya, keren-keren loh, bisa buat latihan bikin web server, mail server, proxy, dns, dll lah, banyak sekali