Namanya aja nge-hosting di tempat gratisan, tentu saja ada banyak batasan-batasan yang diberikan. Jujur saja, blog ini pun ditaruh di tempat gratisan, tapi yang menarik dari web hosting yang satu ini adalah tiadanya kewajiban masang advertising alias bebas iklan, bukan cuma itu saja, kita pun bisa nge-host domain kita. Jadinya walau gratisan, bagi orang lain tidak akan nampak sebagai website gratisan. Lha nggak ada iklan, domain-nya domain sendiri, nggak nebeng subdomain orang lain. Menyenangkan sekali kan?

Udah gitu, spacenya juga gedhe (2000 MB alias 2 GB), bandwidth bulanannya juga bikin kita sampe muntah-muntah aksesnya (100000 MB alias 100 GB) yang hosting berbayar pun keliatannya ndak ada yang nandingi. (walaupun kalau dipikir, mana ada yang bakal pake bandwidth segedhe ini :-D)

Tapi yang namanya gratisan, tetep aja gratisan, pasti ada drawback-nya, there’s no free lunch kata orang. Di hosting ini tidak diberikan layanan sendmail(), kemudian safe_mode juga off, terus fsockopen() juga ditutup. Bisa dibuka, tapi harus dengan berbagai syarat, seperti minimal harus posting 50 biji di forumnya, harus ngasihkan proof of ID (paspor dkk) untuk ngaktifin sendmail() dan safe_mode ya maksudnya biar gak dipake buat nyePAM.

Akibatnya jelas, wordpressku nggak bisa buat kirim email notifikasi (misal: lupa password, ada yang ngasih komentar), kemudian yang paling penting, Akismetnya juga gak bisa jalan, sehingga kemaren harus make plugin lain untuk menahan gempuran SPAM, sehari tak kurang dari 50an SPAM nyasar ke blog ini (apa ini menandakan blog-ku sudah terkenal :-D).

Kemaren aku dapat kejutan, karena sering posting membantu rekans yang butuh bantuan yang ada di forum tadi dan mungkin juga karena dah ngasih donasi ke mereka, dan bisa ngasih petunjuk gimana membuat personal 404 error ke pengguna yang lain, akhirnya sang moderator (owner) dari hosting ini mengaktifkan fsockopen() buatku, padahal postku belum nyampe 50. Alhamdulillah.

Sekarang blognya dah ngasih notifikasi kalau ada komentar yang masuk, sekaligus akismetnya dah jalan lagi. Dan dengan sangat terpaksa captchanya akhirnya kumatikan, karena insya Alloh akismet sudah mampu menanggulangi SPAM dari bot-bot yang tidak bertanggung jawab. Sekali lagi, Alhamdulillah😀