Bagi para pemula blog, biasanya ada keinginan dengan segera agar blog mereka segera terpampang di mesin pencari. Bagi para pengguna wordpress (dan turunannya), seperti yang sekarang kupakai ini, ada satu hal penting yang perlu segera diubah dari basic installationnya wordpress, yakni setting permalinks.

Menurut wikipedia, permalink (permanent link) adalah tipe dari URL yang didesain untuk mengacu kepada informasi spesifik (seperti item dari weblog), dan tidak berubah dan bersifat permanen, atau paling tidak sampai periode waktu tertentu.

Setting awal dari wordpress akan menampilkan posting individual dari setiap post kita dalam bentuk kira-kira seperti ini http://www.blog-punyamu.com/?p=9. Google dan mesin pencari yang lain ketika nyasar ke blog kita akan dengan segera mengindeks halaman depan dari blog kita. Coba liat kembali bentuk URL default dari wordpress tadi.

Untuk membuat agar setiap posting kita juga diindeks oleh mesin pencari, kita memerlukan yang disebut sebagai deep linking. Dengan deep linking, kita harus melink-kan halaman individual (posting individual) dari halaman depan tadi, secara default wordpress akan masang deep linking di posting kita. Tapi kembali ke permalink tadi, bentuk link seperti http://www.blog-punyamu.com/?p=9 adalah bentuk permalink yang tidak “human friendly“, sehingga ketika orang mencari dengan keyword tertentu yang kebetulan sesuai dengan posting kita, tentu saja kemungkinan halaman kita ditaruh di halaman depan mesin pencari juga susah.

Untuk itu wordpress sudah menyediakan bentuk lain dari permalink yang bisa kita ubah di setting wordpress, misal seperti bentuk standarnya wordpress yang berbasis tanggal dan judul posting. Contoh permalink-nya misal seperti ini nih :

/index.php/2007/03/18/dibalik-situs-presidensbyinfo-yang-dihack/

Dari permalink seperti ini, mesin pencari akan lebih mudah menemukan keyword-keyword yang lebih human friendly karena toh gak mungkin kita nyari dengan kata kunci permalink defaultnya wordpress yang pake question mark tadi. Coba saja cari di Google dengan kata kunci presidensby, nah bisa dilihat tuh, ternyata blog-ku keindeks saat tulisan ini ditulis sih di peringkat 3 di Google Singapore di halaman pertama dari Google😀 (setiap lokal Google akan menghasilkan hasil yang sangat mungkin berbeda-beda)

Happy blogging !