Mungkin sudah banyak yang menuliskan, tapi tak apa lah, cuma sekedar catatan personal aja, siap tahu bisa bermanfaat bagi orang lain.

Fitur-fitur ini adalah fitur yang paling sering kupakai di Google untuk memanfaatkan Google semaksimal mungkin, jadi tidak semua fitur ditulis di sini.

  1. Berhubung sekarang masih tinggal di Luar Negri, jadi biasanya kalau mau beli sesuatu yang agak mahalan dikit, harus bisa dikira-kira, berapa harganya kalau dirupiahkan, atau ke mata uang yang lain, misal USD, so gini yang kulakukan: misal mau beli barang harganya 345 dollar singapore, wah kan susah tuh ngira-ngiranya ke rupiah, dengan Google tinggal kasih perintah 345 SGD to IDR maka keluar deh Rupiahnya berapa, kode mata uang standar dapat diliat di sini.
  2. Kadang males pake kalkulator, jadilah Google sebagai pengganti kalkulator, jangan salah, dia bukan cuma bisa tambah, kurang, kali, dan bagi. Tapi fungsi-fungsi eksponensial, pangkat (kuadrat, kubik, dst), bilangan e, bilangan pi, dll dah. Misal ini nih (sqrt(45) * 5^3 – (e*1)^2) * sin 30 sama Google akan ditung, dan hasilnya = -821.189082. Perintah yang lengkap dapat dilihat di sini.
  3. Bahasa Inggrisku jujur saja masih kurang bagus, kadang ada istilah-istiah aneh yang gak dimengertiin maksudnya, atau kadang pingin tahu arti dari suatu term, maka biasanya dengan Google aku minta bantuan. Nulisnya gini nih define: tcp/ip, nanti Google akan keluarin definisi-definisi apa yang dimaksud dengan tcp/ip. Dari pada susah-susah buka kamus🙂 mending ini lah
  4. Sebelum download dan liat film, kita liat reviewnya dulu, abis kalau ndak liat reviewnya, sia-sia file ukuran besar di download, tapi ternyata isinya nggak bermutu, contohnya gini movie: pursuit of happynes, keluar deh informasi tentang film yang dilakoni Will Smith ini (omong-omong, ini film kisah nyata, cukup bagus buat dijadikan cerita motivasi)

Lain waktu kita tampilkan trik lain pake Google, sementara segini dulu.