Sebuah ironi dalam dunia perbloggingan, ketika umumnya banyak blogger menginginkan blognya dikunjungi sebanyak-banyaknya orang, ternyata ada juga blogger yang tidak menginginkan blog nya dikunjungi oleh orang lain. Ini adalah fitur privasi baru milik blogspot.com [d/h blogger.com] setelah ditake over sama Google (mohon koreksi jika saya salah).

Okelah, blog dia mungkin bisa jadi bersifat privasi, dimana hanya orang-orang tertentu saja yang boleh membacanya, barangkali blognya adalah blog sebagai tempat curhat, sehingga tidak semua orang boleh melihatnya, menilik curhat umumnya adalah sesuatu yang lebih bersifat privasi, bukan untuk dipublikasi.

Atau boleh jadi, dia merasa sudah menjadi “seleb” di dunia blogger, yang merasa tulisannya adalah tulisan yang termasuk “paling” penting sedunia, sehingga untuk membacanya pun harus daftar dulu…. Daftar mas, daftar, emangnya siapa loe, ini tulisan maha penting, tidak setiap orang boleh baca, hanya orang-orang terpilih saja yang boleh baca, karena sekian banyak orang terinspirasi oleh saya.

Tapi tentu saja ada kemungkinan ketiga, dia nggak sengaja ngeset blog-nya dengan menjadikan blog-nya bersifat privat, dengan mencheck opsi untuk menjadikannya private. Boleh jadi dia newbie di dunia perbloggingan, atau gak nyadar ketika ngeklik itu opsi. Sehingga akhirnya blognya ndak bisa dibuka oleh rakyat jelata seperti saya ini. Dimaafkan deh untuk yang satu ini …😀

_____________________::::::
[ mode sebel : karena ndak bisa mbaca blog seseorang yang diagregasi oleh komunitas muslim blogger, terus gunanya diagregasi apa, kalau ndak bisa dibaca oleh orang lain ??? ]