Auction atau lelang adalah proses jual beli sesuatu dengan cara menawarkan sesuatu kepada calon pembeli dan meminta mereka untuk menentukan penawaran, dan kemudian barang tersebut akan terjual kepada penawar tertinggi.

Sebuah hal yang biasa mungkin bagi sebagian orang di Singapura ini untuk melakukan penjulan dengan cara seperti ini. Dari pada dijual kepada makelar yang biasanya dihargai murah, kita bisa menjual barang kita sendiri dan bisa menentukan harga minimalnya dan meminta orang lain untuk melihat dan membelinya.

Meski demikian, ada sebuah catatan yang telah dibuat oleh Indriani tentang proses lelang yang terjadi di Singapura. Sebelum kita menentukan proses jual beli ini, ada baiknya membaca catatan beliau tentang lelang ini secara baik.

Aku, sebagai orang Indonesia, tentu tidak terbiasa dengan proses jual beli seperti ini. Karena yang namanya jual beli, biasanya penjual memberi penawaran harga, kemudian kita menawar dengan harga yang lebih murah, sampai kemudian kita berdua sepakat (baik penjual maupun pembeli), dan deal ! Uang kita serahkan, barang kita dapatkan. Sementara dalam proses lelang ini,? kita bukannya menawar dengan harga yang lebih rendah, tapi malah menawar dengan harga yang lebih tinggi…aneh bukan ? Biasanya orang beli barang itu pasti akan menawar serendah-rendahnya (masih ingat prinsip ekonomi? dengan biaya serendah-rendahnya kita akan dapat sebesar-besarnya).

Nah, untuk pertama kalinya aku melakukan transaksi dengan cara lelang, melalui situs Yahoo! Auctions Singapore. Ada dua situs yang biasa dipakai buat lelang di Singapore (at least sampai saat ini yang kuketahui itu, yang lain ada juga tapi ndak terkenal). Yang pertama Yahoo! Auctions dan yang kedua eBay Singapore. Di dua situs itu aku hunting mini fridge, sebuah barang yang belum pernah kutemukan di Indo, kulkas mini tapi juga bisa berfungsi sebagai mini warmer, kalau di Indo mah yang banyak bar fridge, kaya’ di hotel-hotel itu.
Kenapa aku beli? Walaupun owner/land lord room yang aku sewa punya kulkas, tapi kulkas dia selalu penuh, gak enak kalau mau masukin barang banyak-banyak. Lagian, aku mau persiapan bulan Ramadhan di sini, jadi untuk sahur, harus betul-betul nyiapin makanannya. Ramadhan di sini (katanya) beda broer…! Maklum, negri dengan muslim tak lebih dari 20%.

Kembali lagi ke topik lelang, nanti sore insya Alloh aku bakal ketemu sama yang punya kulkas kecil itu, bismillah semoga bisa dapat barang yang bagus. Oh ya, metode pembayaran di proses ini macem-macem, ada Online, ada Transfer lewat ATM/Internet Banking, sama COD (Cash on Delivery), nah kaya aku sebagai orang Indo, lebih prefer untuk belinya COD. jadi jelas, kita bayar barang untuk barang yang kita lihat dulu, kalau cacat, ya gak jadi.? Lebih safe gitu. Yang jelas, sebelum ikutan auctions, ada baiknya liat-liat dulu harga pasarannya berapa, jadi kita bisa ikut proses lelang dengan mantap, tidak takut tertipu.